single-team-img-1

Margareta Artanti

Nama Margareta Artanti
Nama Panggilan Retha Dungga
Negara Indonesia
Kategori Pelibatan Orang Muda Bermakna,Politik dan Demokrasi,Seni Budaya

Margareta Artanti atau yang lebih dikenal Retha Dungga menyelesaikan studi Master bidang Applied Anthropology and Participatory Development (MAAPD) dan Graduate dalam Public Administration di Australian National University tahun 2014-2015. Sebelumnya, ia menyelesaikan Sarjana Sosial bidang Antropologi Budaya di Universitas Udayana tahun 2007.


Saat bergabung dengan Transparency International Indonesia, di tahun 2010-2013 Retha menghidupkan organisasi orang muda berbasis fasilitasi kreatif untuk gerakan anti korupsi bernama clubSPEAK. Ia mengembangkan metode fasilitasi untuk roadshow anti korupsi di 9 kota bersama Indonesian Corruption Watch dan Komisi Pemberantasan Korupsi. Metode clubSPEAK membantu organisasi anti korupsi merangkul pendekatan lebih kreatif dan ramah dalam mengajak anak muda dan segmen masyarakat lebih luas memahami anti korupsi, transparansi, integritas, dan hak asasi manusia.


Retha saat ini aktif di 2 organisasi. Pertama, Koalisi Seni (www.koalisiseni.or.id), yaitu perkumpulan yang bergerak dalam advokasi kebijakan seni budaya. Di 2016 ia menangani evaluasi efektivitas program direct cash transfer (bantuan pemerintah) Dirjen Kebudayaan Kemendikbud. Di 2017-2020 ia menangani program pengembangan organisasi untuk sistem rekrutmen, peningkatan sistem kerja, dan keanggotaan 240-an individu dan lembaga di 19 provinsi. Mulai 2021 ia fokus membangun sistem fundraising untuk ketahanan lembaga.


Kedua, Indorelawan (indorelawan.org) yang ia dirikan tahun 2013 bersama kawan-kawan dari bidang swasta. Diawali kegelisahan tentang regenerasi pegiat isu sosial dibarengi minimnya informasi tentang kegiatan kerelawanan dan sulitnya organisasi non-profit mendapatkan relawan karena keterbatasan sumber daya. Indorelawan.org menawarkan tempat terhubungnya organisasi non-profit dan relawan tanpa dikenakan biaya. Per Januari 2021 tercatat lebih dari 184 ribu relawan, 3100 organisasi, dan 6100 aktivitas terdaftar dalam platform. Retha aktif memfasilitasi pelatihan desain program sosial dan workshop dasar-dasar asset-based community development pada puluhan organisasi, komunitas dan ratusan relawan setiap tahun.


Untuk menghubungi Retha, silakan kontak admin Women Unlimited melalui email: info@womenunlimited.id.


• Latar Belakang Pendidikan

-

• Pekerjaan/jabatan

-

• Keahlian

Pelibatan Orang Muda, Anti Korupsi, Hukum, Politik, dan Demokrasi, HAM, Seni Budaya