single-team-img-1

Inggrid Silitonga

Nama Inggrid Silitonga
Nama Panggilan Inggrid Silitonga
Negara Indonesia
Kategori Politik dan Demokrasi,Hukum dan Hak Asasi Manusia

Inggrid Silitonga atau biasa dipanggil Inggrid merupakan Sarjana Jurusan Manajemen Kehutanan Fakultas Pertanian di Universitas Pattimura pada tahun 2002. Inggrid menjabat sebagai Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Demokrasi dan Hak Asasi (DEMOS) Periode Oktober 2012 – Oktober 2015. Saat ini ia merupakan anggota Perkumpulan DEMOS dan ditunjuk sebagai  menjadi salah satu representatif DEMOS di Indonesia. Kegiatan yang sementara dikerjakan adalah persiapan riset Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) kerjasama DEMOS dengan Dewan Pers.


Inggrid memiliki pengalaman sebagai narasumber, moderator dan fasilitator pendidikan politik, pemilu dan demokrasi di sejumlah pelatihan. Ia juga mendapat akredetasi fasilitator Level 2 Program DG-BRIDGE yang diselenggarakan Australian Electoral Commisision.  Pada Pemilu 2014, ia terlibat sebagai fasilitator Kursus Pemenangan Pemilu Calon Legislatif Perempuan di tingkat Kota/Kabupaten dan Provinsi di Maluku dan Sulawesi Utara yang diselanggarakan oleh Puskapol UI dan The Asia Foundation.


Inggrid juga menjadi salah satu peneliti dalam Tim Outreach Indonesia Untuk Kemanusiaan (IKA) tahun 2013, dan terlibat dalam sejumlah penelitian diantaranya; Asia Demokrasi Indeks (Demos- Puskapol UI 2012,2013), Transaksi Politik Dalam Pemilu (Demos – Puskapol UI, 2013), Partisipasi Pemilih Muda: Faktor – faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Politik Anak Muda (Demos – Pamflet 2014), serta Menuju Demokrasi Bermakna: Persoalan–persoalan Perbaikan Representasi Politik di Indonesia (Demos 2014).


Pengalaman lainnya sebelum di Demos, Inggrid bekerja di kantor representatif Equitas Canada di Indonesia, terlibat sebagai volunteer di INSIST Yogyakarta dan sebagai salah satu relawan yang tergabung dalam Tim Relawan Kemanusiaan Jaringan Baileo Maluku dalam mendorong perdamaian Maluku. Ia juga menjadi salah satu penulis Buku Carita Orang Basudara; Kisah – kisah Perdamaian dari Maluku oleh Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD).


Untuk menghubungi Inggrid Silitonga, silakan kirim pesan ke admin Women Unlimited melalui email: info@womenunlimited.id.


• Latar Belakang Pendidikan

-

• Pekerjaan/jabatan

-

• Keahlian

Demokrasi, pemilu, penelitian, hak asasi manusia, politik,u00a0