single-team-img-1

Dena Rachman

Nama Dena Rachman
Nama Panggilan Dena Rachman
Negara Indonesia
Kategori Gender & Seksualitas,Pluralisme,Seni Budaya

Dena Rachman adalah seorang transgender, pengusaha, dan aktris, yang transisi dari bintang cilik menjadi transwoman yang go public dan menjadikannya tokoh poster komunitas LGBTQI+ di Indonesia. Dia telah bekerja sama dengan berbagai lembaga pembangunan dan organisasi nirlaba seperti UNDP, UNESCO, UNFPA, ILO, Hivos dan Rutgers dalam program dan inisiatif mereka terkait dengan advokasi dan kampanye untuk hak-hak LGBTQI+, kesetaraan gender, keragaman, pemberdayaan perempuan dan masalah kesehatan dan seksual.


Dia memproduksi dan menyelenggarakan talkshownya sendiri “BEBI Talk” (Bebas Bicara Talk), platform yang aman untuk kebebasan berbicara di YouTube. Ia pernah menjadi co-chair untuk lokakarya pasca konferensi AIDS 2018 yang diselenggarakan oleh IAS Educational Fund di Jakarta. Dia memimpin Women’s March Jakarta pada 2019 dengan orasi kesetaraan gender dan inklusivitas trans. Ia terpilih sebagai salah satu jurnalis muda peserta Konferensi Kebebasan Pers Dunia 2020. Di tahun yang sama, ia dianugerahi penghargaan “Influencer of the Year dari YIFOS dan yayasan KITASAMA.


Dia memiliki merek pakaian "SANTAY" dan model manajemen "Model Masa Depan Indonesia". Ia juga membintangi film komedi berjudul "Flight 555" sebagai turis trans Thailand dan penampilan bintang tamu dalam serial TV "Gossip Girl" versi Indonesia yang memerankan karakter wanita cis. Kehadirannya di media telah membawa representasi transwoman yang lebih beragam serta menantang penggambaran arus utama untuk lebih dari sekadar sosok komedi dan sasaran bullying. Dena telah terlibat dengan pemerintah Belanda, Kanada, dan Swedia di Indonesia untuk membawa suara trans ke dalam pembangunan internasional. Terakhir, dia juga terlibat dengan lintas agama dan pemimpin agama untuk lebih memasukkan interpretasi agama progresif pada masalah trans. Ia memperoleh gelar Sarjana Ilmu Sosial dari Universitas Indonesia, gelar MBA dari University of Bologna di Italia dan meningkatkan ilmunya dengan mengikuti kursus Musim Panas Orientasi Seksual & Identitas Gender dalam Hukum Internasional di Universitas Leiden pada tahun 2018.


Untuk menghubungi Dena Rachman, silakan menghubungi admin Women Unlimited melalui email: info@womenunlimited.id


• Latar Belakang Pendidikan

-

• Pekerjaan/jabatan

-

• Keahlian

Designer, Fashion, Social Activist, Change Agent, Gender Equality, Women Empowerment, Minority Empowerment