single-team-img-1

Dian Puspitasari

Nama Dian Puspitasari
Nama Panggilan Dian
Negara Indonesia
Kategori Hukum dan Hak Asasi Manusia

Dian lulus dari Fakultas Hukum Universitas Sultan Agung Semarang tahun 2008. Ia lalu menjadi relawan di Legal- Resources Center Untuk Keadilan Jender dan HAM (LRC-KJHAM) Semarang. Awalnya tidak berniat menjadi Advokat, namun pengalaman berinteraksi dengan perempuan korban membuatnya memutuskan untuk melanjutkan profesi sebagai advokat. Tahun 2016-2018 menjadi direktur LRC-KJHAM Semarang dan tahun 2019-2020 menjadi staff Sekretariat Nasional (Seknas) Forum Pengada Layanan (FPL). FPL Sendiri merupakan forum bagi organisasi pendamping perempuan di Indonesia. Ia selama ini mewakili LRC-KJHAM dan FPL menjadi tim subtansi dalam advokasi RUU Penghapusan Kekerasan Seksual.


Saat ini ia berdomisili di Pati, salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Di Pati ia aktif membangun gerakan perempuan maupun gerakan pada kelompok minoritas. Saat ini dia juga menjadi advokat di LBH Ansor Kabupaten Pati bidang perempuan.


Bersama-sama dengan beberapa kawan membentuk Lembaga bantuan Hukum Advokasi Maritim Indonesia (LBH-AMAN) tahun 2020 yang fokus pada isu kelautan. Karena Kabupaten pati merupakan kabupaten terbesar dengan wilayah pantai terbesar di Jawa Tengah.


Meskipun menjadi advokat mandiri. Namun ia juga masih memberikan pendampingan secara probono pada kelompok tertentu seperti perempua, anak, disabilitas, dan petani. Ia juga aktif menuliskan pengalaman pendampingannya terutama pendampingan hukum baik perdata maupun pidana.


Untuk menghubungi Dian Puspitasari, silakan kirim pesan ke admin Women Unlimited melalui email: info@womenunlimited.id.


• Latar Belakang Pendidikan

Fakultas Hukum Universitas Sultan Agung Semarang

• Pekerjaan/jabatan

Profesi Dian saat ini adalah sebagai Advokat mandiri yang berkantor di KANTOR HUKUM “DIAN PUSPITSARI & REKAN” di KABUPATEN PATI. Namun, saya juga aktif membangun gerakan perspektif perempuan menjadi advokat Probono di LBH Ansor Kabupaten Pati bidang perempuan. Sekretaris Lembaga bantuan Hukum Advokasi Maritim Indonesia (LBH-AMAN) tahun 2020 yang fokus pada isu kelautan.

• Keahlian

Bidang ditekuni sejak tahun 2008 adalah penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan baik pidana dan Perdata, Hukum Keluarga-waris, dan legal drafting untuk isu perempuan dan anak korban kekerasan. Namun, sebagai advokat saya sudah menangani berbagai kasus termasuk perbankan, Pidana, Perdata dan TUN.