single-team-img-1

Aseanty Widianingsih Pahlevi

Nama Aseanty Widianingsih Pahlevi
Nama Panggilan Leavi
Negara Indonesia
Kategori Komunikasi dan Media,Teknologi Informasi

Menjadi jurnalis merupakan hal yang tidak pernah dibayangkan Leavy, panggilan akrab Aseanty Pahlevi. Perempuan kelahiran Bandung ini tadinya hanya mengkhayal bagaimana asyiknya tokoh Lupus yang menjadi jurnalis muda, serta Olga yang merupakan seorang penyiar. Lupus dan Olga adalah tokoh utama dalam novel remaja ‘Lupus’ serta ‘Olga dan Sepatu Roda’.


Hingga pada tahun 2000, dia memutuskan menjajal kemampuan di sebuah harian lokal di Kalimantan Barat, saat dirinya masih menjadi mahasiswa di Fakultas Pertanian, Universitas Tanjungpura. Diawal karir, Leavy terbiasa liputan penegakan hukum. Hal yang kemudian membawanya lebih jauh mengenai kasus-kasus perempuan, kaum marjinal serta minoritas.


Tahun 2002 mulai mengenal Aliansi Jurnalis Independen Kota Pontianak, dan menjadi anggota di tahun 2003. Melalui organisasi ini, Leavy lebih banyak belajar mengenal Gender, Equality, and Social Inclusion (GESI). Kalimantan Barat dengan latar belakang konflik horizontal membuatnya belajar mengenai keberagaman dan ikut dalam berbagai komunitas untuk merawat keberagaman.


Tahun 2012, mendirikan Jurnalis Perempuan Khatulistiwa (JPK). Sebuah perkumpulan jurnalis perempuan di Kalimantan Barat yang bertujuan mendorong isu-isu perempuan yang berkaitan dengan literasi kesehatan, pendidikan, ekonomi kerakyatan, buruh migran, pengelolaan sumber daya alam dan keberagaman.


Pada tahun 2014, bersama organisasi JPK fokus pada isu literasi digital. Bergerak secara sukarela mendampingi komunitas-komunitas untuk memerangi hoaks dan ujaran kebencian. Tahun 2018 bergabung menjadi relawan SAFEnet, membuat organisasi yang dipimpinnya semakin mantap di isu literasi digital dengan penguatan isu pada keamanan digital, khususnya perlindungan data pribadi.


Saat ini Leavy menjadi jurnalis lepas dan kontributor tetap untuk Tempo dan Mongabay Indonesia. Mengampu sebuah media alternatif iniborneo.com yang dikelola secara sukarela pula bersama empat temannya. Mimpinya adalah menjadi media lokal dengan menyajikan liputan-liputan berbasis data dan grafis.


Setelah menjadi alumni pertama Investigasi Bersama Tempo pada tahun 2016, Leavy semakin tertarik dengan isu-isu investigasi dan liputan mendalam. Pelatihan jurnalisme data pun memperkaya pemahaman dan penulisan. Pada tahun 2020, menjadi trainer Keamanan Holistik untuk Psikososial, dan menjadi co-trainer untuk Keamanan Digital.


Untuk menghubungi Leavy, silakan hubungi admin Women Unlimited melalui email: info@womenunlimited.id


• Latar Belakang Pendidikan

-

• Pekerjaan/jabatan

-

• Keahlian

-