single-team-img-1

Amrina Habibi

Nama Amrina Habibi
Nama Panggilan Bu Am
Negara Indonesia
Kategori Gender & Seksualitas,Hak & Perlindungan Anak,Pendidikan

Amrina Habibi lulus sebagai sarjana hukum dari Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala tahun 1993, dan lulus sebagai magister hukum dari Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala pada tahun 2015. Saat ini berdomisili di Kota Banda Aceh. Saat ini ia adalah Ketua Yayasan Lentera Habibi, sebuah yayasan yang didirikan bersama beberapa teman dari lintas profesi yang menaruh perhatian pada pemenuhan hak anak dan perempuan. Yayasan ini mulai berbadan hukum sejak pertengahan tahun 2020, tetapi kegiatan-kegiatan yang dilakukan telah berlangsung sejak tiga tahun sebelumnya.


Amrina mendirikan Yayasan Lentera Habibi sebagai exit strategy jika sudah pensiun dari pekerjaannya sebagai aparatur sipil negara. Dengan begitu, kerja-kerja yang selama ini dilakoni dalam mengadvokasi hak-hak perempuan dan anak maupun dalam melakukan gender mainstreaming tidak selesai begitu saja. Sebagai langkah awal, Yayasan Lentera Habibi fokus pada kegiatan edukasi dan literasi anak yang dipusatkan di desa pesisir dan marginal, yakni Desa Lampageu, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar. Di sini, para relawan mengorganisasi anak-anak melalui pembentukan Taman Baca Lentera Habibi. Amrina percaya, literasi merupakan kunci untuk meminimalisir kekerasan terhadap perempuan dan anak.


Sebagai ASN, perempuan yang akrab disapa Bu Am ini bertanggung jawab mengoordinasikan implementasi kebijakan kabupaten/kota layak anak sekaligus memberi masukan terhadap produk hukum berkaitan dengan perlindungan anak di Aceh.


Selain itu, bersama Balai Syura Ureung Inong Aceh, ia juga mengadvokasi kebijakan-kebijakan agar lebih ramah pada perempuan dan anak perempuan. Ia juga memiliki kapasitas di bidang advokasi kebijakan dan kelembagaan, gender mainstreaming, konvensi hak anak dan implementasinya, perangkat hukum perlindungan perempuan dan anak, serta manajemen penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.


Untuk mengontak Amrina, silakan menghubungi menghubungi admin Women Unlimited melalui email: info@womenunlimited.id


• Latar Belakang Pendidikan

-

• Pekerjaan/jabatan

-

• Keahlian

-