single-team-img-1

Siti Rubaidah

Nama Siti Rubaidah
Nama Panggilan Siti Rubaidah
Negara Indonesia
Kategori Kekerasan Berbasis Gender,Pendidikan

Saat ini Siti Rubaidah bekerja sebagai Tenaga Ahli dari salah satu anggota DPR RI Fraksi PKB yang juga anggota Pansus Otsus Papua dan Komisi VIII DPR RI yang bertugas menyiapkan bahan-bahan kajian dalam rapat kerja baik di Rapat Paripurna, Rapat Pansus maupun Rapat Komisi. Selain itu, ia aktif mengajar di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Az Ziyadah di Klender, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur untuk Mata Kuliah Pengabdian Masyarakat dan Ilmu Jiwa Kepribadian.


Sejak 2017 sampai sekarang menjadi Koordinator Penyintas LBH APIK Jakarta (supporting group untuk korban dan penyintas kekerasan berbasis gender). Sekarang ia menjabat sebagai Ketua Umum Suluh Perempuan Periode Tahun 2021-2026, sebuah organisasi massa perempuan yang bergerak di bidang pendidikan dan advokasi terkait isu-isu kekerasan berbasis gender, pemberdayaan dan pendidikan politik perempuan.


Keahlian yang ia kuasai adalah di bidang pendidikan, khususnya pendidikan untuk kaum perempuan dan anak. Pada tahun 2009, ia mendirikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Saraswati dan Lembaga Pendidikan dan Ketrampilan (LPK) Mahardhika di Kota Magelang. Ketika Kota Magelang berbenah menjadi Kota Layak Anak, Siti Rubaidah aktif di Forum Cinta Anak (FORCITA) Kota Magelang. Saat pindah ke Jakarta tahun 2013, bekerja di Institut KAPAL Perempuan sebagai Staff Capacity Building yang bertanggung jawab dalam menyiapkan materi dan menjadi fasilitator di beberapa kegiatan, seperti latihan kepemimpinan perempuan di komunitas Jakarta dan Makassar dan menjadi fasilitator untuk Pendidikan Adil Gender di Sekolah Perempuan wilayah Jakarta. Selain itu, Siti Rubaidah ikut terlibat dalam pendirian Aksi Perempuan Indonesia Kartini (API Kartini) tahun 2014 sebagai Koordinator Divisi Pendidikan dan Kaderisasi, bertugas dalam membuat kurikulum pendidikan, menyiapkan modul, bahan dan materi pendidikan. Sekarang sedang menginisiasi Taman Bacaan Masyarakat di Jakarta Barat dan mendirikan Taman Baca Bunda.


Untuk menghubungi Siti Rubaidah, silakan kontak admin Women Unlimited melalui email: info@womenunlimited.id.


• Latar Belakang Pendidikan

-

• Pekerjaan/jabatan

Tenaga Ahli dari salah satu anggota DPR RI Fraksi PKB yang juga anggota Pansus Otsus Papua dan Komisi VIII DPR RI yang bertugas menyiapkan bahan-bahan kajian dalam rapat kerja baik di Rapat Paripurna, Rapat Pansus maupun Rapat Komisi.

• Keahlian

Keahlian yang ia kuasai adalah di bidang pendidikan, khususnya pendidikan untuk kaum perempuan dan anak.