Meta Septalisa

Meta Septalisa

Meta yang berkelahiran di Purwodadi, 27 Sept 1991, merupakan seorang freelancer untuk isu lingkungan dan gender. Saat ini ia sedang melakukan pegorganisiran kelompok perempuan terkait “Pengelolaan Lahan dan Pangan Lokal”, di 3 Desa yaitu, Desa Tumbang Lawang, Desa Tewang Karangan, dan Dahian Tunggal di kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Selain itu, Meta juga aktif untuk ikut serta dalam kampanye dan kegiatan di isu lainnya seperti pertambangan batu bara, perkebunan kelapa sawit, dan sekarang pangan. 

Sejak tahun 2014, Meta tertarik untuk melakukan pengorganisasian masyarakat di area industri ekstraktif untuk melakukan pendidikan kritis dan kesadartahuan terkait hak masyarakat dalam pengelolaan hutan dan lahan khususnya mendorong perempuan adat untuk menyuarakan hak-hak perempuan adat di Kalimantan Tengah. Selain itu, di tahun 2018 Meta terlibat dalam penelitian nasional dan internasional bersama ICEL (Indonesia Center Environmental Law), Passau University, Jerman, AgroParis-Tech University, Perancis, dan Oxford Brukes University, Inggris dalam melihat pengelolaan lahan dan lingkungan. Hal ini yang membuat Meta untuk ingin mendokumentasikan baik secara audio visual dan tulisan. Inilah motivasi Meta untuk terus belajar tentang kearifan lokal dayak khususnya untuk perempuan adatnya. Meta juga mendorong dan membangun kapasitas gerakan perempuan muda agar perempuan muda bisa lebih kritis lagi dalam melihat isu-isu perempuan terkait lingkungan dan tata kelola lahan.

Pendidikan:

Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris dari Jurusan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangkaraya tahun 2009.

Keahlian:

  • Perempuan adat 
  • Perempuan dan lingkungan

WomenUnlimited

Situs web ini merupakan bagian dari program kepemimpinan perempuan yang diinisiasi oleh Hivos South East Asia. Situs ini menampilkan profil perempuan pemimpin Indonesia dari berbagai bidang ilmu dan keahlian.

Hubungi Kami

18 Office Park, 15th Floor - Unit B, Jl. TB Simatupang No. 18 - Jakarta Selatan
+62 21 27876233
info@womenunlimited.id

Supported by