Reny Hidjazi

Reny Hidjazi

Reny Hidjazi yang akrab dipanggil Reny merupakan Direktur di lembaga Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) -Borneo, dan mengembangkan 6 pintu program utama sebagai berikut :

  1. Ekonomi (pemberdayaan ekonomi yang berproses mulai dari pengembangan ide bisnis, produksi, manajemen dan pemasaran).
  2. Hukum (lebih fokus pada penyadaran hukum dan juga pendampingan kasus-kasus yang berkaitan dengan perempuan dan anak).
  3. Pendidikan (ada beberapa program di isu pendidikan antara lain: PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Pendidikan Keuangan Bagi Perempuan Matang (melek keuangan dari proses pengelolaan dan manajemen keuangan diri dan keluarga), Pendidikan Keuangan Berbasis Komunitas, dan Pendidikan Pemimpin Perempuan Muda, serta pendidikan kepemimpinan bagi perempuan basis (desa/kel), dalam program pendidikan ini dikembangkan secara terstruktur dari proses penyusunan modul, pelaksanaan kelas, persiapan tim fasilitator dengan TOT yang dilakukan dan pelaksanaan kelas serta proses wisuda).
  4. Politik (dalam isu politik ini, kami lebih pada proses membangun kesadaran kritis perempuan, dengan melakukan penyadaran tentang kewarganegaraan, membantu proses-proses perempuan yang sudah mampu untuk mengambil posisi dan peran-peran di ranah publik dari tingkatan RT, RW, Dusun, Desa/Kel, sampai tingkat legislatif. Selain itu memproses civic and voter education.
  5. Kesehatan (terutama kesehatan reproduksi dengan mengambil peran, pada penyadaran, menyambungkan akses pada pelayanan kesehatan), selain itu juga fokus pada program stunting.
  6. Lingkungan (membangun kesadaran, pengolahan limpah untuk menjadi produk yang bernilai ekonomis),

Selama ini kami bekerja dengan kelompok-kelompok perempuan dampingan yang tersebar di wilayah Kalimantan Barat. Saat ini kami juga fokus pada pengembangan dan pemberdayaan orang muda yang semua berproses dalam kerangka GO Informasi Teknologi dan Komunikasi serta penguatan kepemimpinan orang muda dan perempuan muda.

Selama ini Reny bekerja dengan masyarakat basis terutama perempuan, sehingga Reny terlatih dan biasa untuk mengorganisir dengan melakukan beberapa strategi pendekatan. Selain itu, Reny juga memproses peningkatan kapasitas bagi perempuan dan masyarakat dengan beberapa pintu masuk misalnya seperti pintu masuk ekonomi, hukum, pendidikan, politik, dan lingkungan. Beberapa TOT yang diikutinya memberikan bekal kepada Reny untuk menjadi Trainer yang handal, serta memberikan pengalaman kepada Reny sehingga dapat memproses dan membuat modul, mentraining fasilitator dan mengimplementasikan program-program yang sudah pernah dilakukan.

Pengalaman bertemu dengan banyak lembaga membantu Reny dalam pengembangan jaringan sehingga dapat memperkaya dan menguatkan kapasitasnya dalam melaksanakan tugas, manajerial, implementasi di lapang terutama dalam hal melakukan peningkatan kapasitas kepada masyarakat dan kelompok dampingan, serta membangun kesadaran kritis mereka. Selain itu juga dalam mengawal pelaksanaan di lapang dengan dan untuk mempercepat proses perubahan terbiasa juga melakukan advokasi.

WomenUnlimited

Situs web ini merupakan bagian dari program kepemimpinan perempuan yang diinisiasi oleh Hivos South East Asia. Situs ini menampilkan profil perempuan pemimpin Indonesia dari berbagai bidang ilmu dan keahlian.

Hubungi Kami

18 Office Park, 15th Floor - Unit B, Jl. TB Simatupang No. 18 - Jakarta Selatan
+62 21 27876233
info@womenunlimited.id

Supported by