Dewi Komalasari

Dewi Komalasari

Dewi Komalasari dilahirkan di Jakarta, 27 Agustus 2009. Kokom, demikan dia biasa dipanggil, mencurahkan perhatiannya pada isu kesetaraan gender dan lebih spesifik pada peningkatan partisipasi dan keterwakilan perempuan dalam politik. Bekerja di Koalisi Perempuan Indonesia telah membuka kesempatan bagi Kokom untuk mempelajari berbagai isu terkait pemenuhan hak-hak perempuan.

Saat ini Kokom adalah staf kajian kebijakan pada Pokja Reformasi Kebijakan Publik -  Sekretariat Nasional Koalisi Perempuan Indonesia untuk  Keadilan dan Demokrasi dengan tanggungjawab utama melakukan kajian/analisis terhadap kebijakan publik yang memperngaruhi perjuangan organisasi dalam penegakan hak asasi perempuan.

Melakukan pemantauan terhadap proses perumusan / pembuatan kebijakan atau revisi kebijakan dan merancang serta mengimplementasikan strategi untuk memengaruhi proses pembuatan kebijakan agar mengintegrasikan perspektif gender dan kepentingan perempuan di dalamnya.

Latar Belakang Pendidikan:

  • Sarjana Ilmu Politik Universitas Nasional (2016),
  • Ilmu Politik FISIP UI (1999-2004).

Pekerjaan:

Saat ini bekerja sebagai staf kajian kebijakan pada Pokja Reformasi Kebijakan Publik, Sekretariat Nasional Koalisi Perempuan Indonesia untuk  Keadilan dan Demokrasi dengan tanggungjawab meliputi namun tidak terbatas pada terlaksananya kajian/analisis terhadap kebijakan publik yang memperngaruhi perjuangan organisasi dalam penegakan hak asasi perempuan. Adapun kegiatan kajian kebijakan publik meliputi pengumpulan dokumen kebijakan publik yang terkait dengan perjuangan penegakan hak perempuan, menganalisa dampak kebijakan tersebut secara umum dan secara khusus terhadap kelompok kepentingan KPI, membuat laporan hasil analisa termasuk rekomendasi terhadapnya kepada pihak-pihak terkait yang untuk segera ditindaklanjuti. Selain itu, juga melakukan pemantauan terhadap proses perumusan / pembuatan kebijakan atau revisi kebijakan dan merancang serta mengimplementasikan strategi untuk mempengaruhi proses pembuatan kebijakan agar mengintegrasikan perspektif gender dan kepentingan perempuan di dalamnya.

Keahlian:

Telah menekuni isu kesetaraan gender khususnya terkait peningkatan partisipasi dan keterwakilan perempuan dalam politik. Selain itu pernah juga menjadi program officer untuk program pemberantasan perdagangan orang. Namun secara umum, bergabung di Koalisi Perempuan Indonesia telah membuka kesempatan untuk mempelajari berbagai isu terkait pemenuhan hak-hak perempuan  yang diadvokasi oleh Koalisi Perempuan Indonesia terutama yang berkaitan dengan kelompok kepentingan Koalisi Perempuan Indonesia.

WomenUnlimited

Situs web ini merupakan bagian dari program kepemimpinan perempuan yang diinisiasi oleh Hivos South East Asia. Situs ini menampilkan profil perempuan pemimpin Indonesia dari berbagai bidang ilmu dan keahlian.

Hubungi Kami

Jl. Kemang Sel. XII No.1, RW.4, Cilandak Timur, Kec. Ps. Minggu, Jakarta Selatan 12730, Indonesia
+62 21 7892489
info@womenunlimited.id

Supported by