Dewi Rana Amir

Dewi Rana Amir

Dewi Rana Amir atau Dewi, lahir di Selayar, 10 Mei 1973. Dewi menyelesaikan studi S2 pada Pascasarjana Kajian Gender di Univesitas Indonesia tahun 2013. Saat ini Dewi dipercaya untuk memimpin sebuah organisasi Perkumpulan Lingkar Belajar untuk Perempuan atau disingkat dengan Libu Perempuan yang berbasis di Palu, Sulawesi Tengah.

Bersama Libu Perempuan, Dewi mendedikasikan dirinya bekerja untuk untuk penguatan hak-hak perempuan pada komunitas petani dan masyarakat adat. Mereka mengembangkan sistem peradilan adat yang berperspektif gender dengan menggali hukum adat yang memiliki sensitifitas dan keberpihakan kepada perempuan lalu mengintergrasikannya dengan hukum negara. Libu Perempuan juga aktif melakukan advokasi bagi perempuan korban kekerasan.

Selain bidang kesetaraan perempuan, Dewi menguasai beberapa bidang yaitu akses perempuan kepada sumber daya alam, peradilan adat berberpektif gender, isu keberagaman dan pencegahan konflik berbasis komunitas.

Latar Belakang Pendidikan:

  • Fakultas Hukum (S1) Universitas Tadulako di Palu tahun 1998.
  • Pascasarjana Kajian Gender di Univesitas Indonesia tahun 2013.

Pekerjaan:

Saat ini saya dipercaya untuk memimpin organisasi non pemerintah yang bernama Perkumpulan Lingkar Belajar untuk Perempuan atau disingkat dengan Libu Perempuan. Organisasi ini bekedudukan di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Libu Perempuan bekerja di akar rumput untuk penguastan hak-hak perempuan pada komunitas petani dan masyarakat adat. Banyak melakukan pendidikan hukum kritis dengan membedah hukum negara dan hukum adat yang berperspektif perempuan/gender. Kami mengembangkan sistem peradilan adat yang berperspektif gender dengan menggali hukum adat yang memiliki sensitifitas dan keberpihakan kepada perempuan lalu mengintergrasikannya dengan hukum negara. Ini penting karena akses keadilan pada perempuan terutama di dataran tinggi adalah pada peradilan adat yang di kampungnya. Libu Perempuan juga aktif melakukan pendampingan hukum bagi perempuan korban kekerasan, hal ini dilakukan dengan memberikan bantuan hukum cuma-cuma bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM RI melalui skema bantuan hukum gratis sesuai amanat Undang-undang bantuan hukum nomor 16 tahun 2011.

Keahlian:

Bidang-bidang yang dikuasai antara lain adalah: Isu Perempuan dan akses kepada sumber-sumbar daya alam, isu peradilan adat yang berpespekif gender, isu keberagaman dan pencegahan konflik berbasis komunitas.

WomenUnlimited

Situs web ini merupakan bagian dari program kepemimpinan perempuan yang diinisiasi oleh Hivos South East Asia. Situs ini menampilkan profil perempuan pemimpin Indonesia dari berbagai bidang ilmu dan keahlian.

Hubungi Kami

Jl. Kemang Sel. XII No.1, RW.4, Cilandak Timur, Kec. Ps. Minggu, Jakarta Selatan 12730, Indonesia
+62 21 7892489
info@womenunlimited.id

Supported by