Berliana Purba

Berliana Purba

Berliana Purba lahir di Medan, 1 Oktober 1976. Saat ini ia bekerja sebagai Koordinator Wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan dan Tapanuli Tengah dengan kegiatan melakukan pendidikan kritis kepada perempuan di kelompok dampingan PESADA, advokasi dengan pemerintah untuk isu perempuan baik dari sisi kesehatan dan juga pendidikan. Perempuan lulusan Sarjana Hukum ini juga melakukan pendampingan kepada perempuan dan anak korban kekerasan, serta mendorong kepemimpinan perempuan akar rumput.

Berliana juga menguasai mengenai isu HIV/AIDS, karena PESADA pernah melakukan pendampingan kepada Perempuan Pekerja Seks (PPS) di Kabupaten Dairi dan Tanah Karo. Bersama dengan PESADA dan jaringannya melakukan advokasi untuk mendorong kepemimpinan perempuan menjadi pemimpin sesuai dengan SDGs, dengan cara melakukan pendidikan politik kepada perempuan agar memilih perempuan, melaksanakan kontrak politik dengan Caleg/Bupati yang akan didukung. Di Pilkada serentak, melakukan kontrak politik dengan Bupati Kabupaten Dairi, Gubernur Sumatera Utara dan dengan calon Legislatif Perempuan yang didukung PESADA. 

Juga mengadvokasi layanan kesehatan seksual dan reproduksi yang ramah perempuan dan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM Kesehatan) dengan terlebih dahulu melakukan MoU dengan Dinas Kesehatan di Kabupaten Wilayah dampingan PESADA.

Pendidikan:

Sarjana Hukum, Ilmu Hukum Keperdataan, Universitas Nusa Cendana, Kupang.

Keahlian:

  • Isu HIV/AIDS
  • Kesehatan seksual dan reproduksi

WomenUnlimited

Situs web ini merupakan bagian dari program kepemimpinan perempuan yang diinisiasi oleh Hivos South East Asia. Situs ini menampilkan profil perempuan pemimpin Indonesia dari berbagai bidang ilmu dan keahlian.

Hubungi Kami

18 Office Park, 15th Floor - Unit B, Jl. TB Simatupang No. 18 - Jakarta Selatan
+62 21 27876233
info@womenunlimited.id

Supported by