People

Vivi Yip

Vivi Yip

Vivi Yip atau biasa disapa Vivi atau Pi oleh teman dekatnya, lahir di Cirebon 4 January 1972. Ia mendapat gelar Sarjana dari Universitas Trisakti jurusan Desain Grafis. Setelah berkarier sebagai Account Manager di beberapa perusahaan Public Relation antara lain Integral Communication, Vivi bergabung dengan Sotheby’s Singapore di tahun 1998 sebagai specialist untuk South East Asian Paintings merangkap Representative for Indonesia. Di Sotheby’s, Vivi mengawali lelang kontemporer South East Asian Paintings sampai periode booming. 

Kepeduliannya pada perkembangan senirupa kontemporer Indonesia membuatnya memilih untuk keluar dari Sotheby’s di tahun 2007 dan memulai proyek konsultan senirupa bernama viviyipartroom. Sebuah proyek pencarian dan pembinaan seniman kontemporer muda Indonesia yang dimulai di tahun 2008. Pencarian dilakukan dengan ‘hunting’ seniman lalu memamerkan karya mereka di dua kamar seni yang dibentuk Vivi. 

Tahun 2010, Vivi membentuk Young Indonesian Contemporary Artists (YICA) yang terdiri dari Angki Purbandono, Agan Harahap, Arkiv Vilmansa, Badruzzaman, Erik Pauhrizi, Hendra Hehe Harsono, Syagini Ratna Wulan, Sutra Djarot, Theresia Agustina Sitompul, Wastuwidyawan Paramaputra. Proyek ini sudah mempromosikan senirupa kontemporer Indonesia ke Singapore, Malaysia, Sydney, London, Seoul, Taipei, danlainnya. 

Tahun ini, Vivi menggawangi Bazaar Art Jakarta, dalam rangka memberi kesegaran dan gairah pada pasar senirupa yang lesu karena imbas ekonomi global. BAJ 16 berhasil menjadi art fair lokal paling sukses selama penyelenggaraan yang telah berlangsung delapan tahun ini, bahkan dengan adanya kompetisi asing. Kedepannya akan banyak proyek yang lebih seru lagi.

Untuk mengetahui kontak Vivi Yip, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: Contact Us

Leave a Comment