People

Vica Larasati

Vica Larasati

Vica Larasati atau biasa dipanggil Vica lahir di Bandung, 17 April 1986. Ia meraih gelar Sarjana Psikologi dari Universitas Kristen Maranatha pada tahun 2010. Selain pendidikan formal tersebut, Vica juga menempuh pendidikan informal seperti International Visitor Leadership Program (IVLP) dengan tema Minority Rights dari US Dept of State, Women Leadership Training dari ILGA World, NGO Basic and Advanced Leadership Training dari Freedom House dan Human Development Forum Foundation (HDFF), dan Media Training of Radio and Film to Support HIV and AIDS dari Mission 21.

Vica merupakan Koordinator YIFoS Indonesia, sebuah organisasi anak muda yang fokus untuk membangun perdamaian di tengah keberagaman identitas iman dan seksual. Selama hampir 4 tahun terakhir, selain bertanggung jawab atas pelaksanaan program di YIFoS, Vica juga bertanggung jawab dalam proses penyusunan modul Queer Camp, modul pendidikan alternatif tentang keberagaman. YIFoS Indonesia sendiri mengadakan beragam dialog baik dengan anak muda maupun tokoh agama dan pendidik di institusi berbasis keagamaan. Salah satu kegiatan tahunan YIFoS Indonesia adalah Queer Camp yang merupakan platform pendidikan alternative untuk membangun dan mendorong gerakan anak muda lintas identitas dan lintas isu – sampai saat sekarang ini sudah ada sekitar 150 alumni di beberapa kota besar di Pulau Jawa, Pulau Sumatra, NTT, Pulau Sulawesi.

Vica juga pernah menjadi Relawan Komnas Perempuan pada tahun 2013 sampai 2015 di Unit Pengaduan dan Rujukan (UPR), di bawah Divisi Pemantauan Komnas Perempuan. Akhir Maret 2016, ia kembali menjadi freelancer untuk membantu penyusunan glossary Komnas Perempuan di bawah Divisi Resource Center

Vica menjadi ILGA Asia Board Member yang merupakan perwakilan untuk South-East Asia dan dimulai sejak November 2015. Bersama dengan Board Member lainnya, ia menyusun dan mengawasi program kerja ILGA Asia periode 2015-2017 dalam upaya memperjuangkan pemenuhan hak LGBTI di lingkup Asia.

Vica aktif bicara soal interseksionalitas terutama isu iman dan seksualitas manusia. Selain itu juga banyak terlibat dalam diskusi tentang pengalaman ketubuhan dan kaitannya dalam negosiasi ragam identitas dalam diri; serta diskusi terbatas dalam komunitas anak muda berbasis iman Kristen. Ia sering juga dimintai untuk berbagi pengalaman dalam mendorong pelibatan anak muda lintas identitas dan lintas isu. Selain itu, ia juga diajak berdiskusi tentang psikologi positif dan praktis terkait penerimaan dan pengembangan diri serta merespon beberapa kasus kekerasan terutama kekerasan terhadap perempuan dalam lingkup personal (privat). Tidak hanya itu, Vica juga memfasilitasi training terkait pengenalan dan motivasi diri, public speaking dan stress management, serta edukasi tentang manajemen proyek, team building dan leadership.

Untuk mengetahui kontak Vica Larasati, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: Contact Us

Leave a Comment