People

Veronica Koman

Veronica Koman

Veronica Koman atau biasa dipanggil Vero lahir pada 14 Juni 1988. Ia meraih gelar Sarjana Hukum dari Universitas Pelita Harapan pada tahun 2011. Veronica adalah seorang pengacara publik di Lembaga Bantuan Hukum (LBH ) Jakarta yang bekerja di isu minoritas dan kelompok rentan terutama mengenai isu Papua, pencari suaka dan pengungsi internasional, perempuan, LGBT, dan kelompok yang dipersekusi lainnya. Ia juga memberikan konsultasi bantuan hukum kepada kaum miskin, tertindas, dan buta hukum secara cuma-cuma.

Awalnya Veronica bekerja di firma hukum internasional yang bergaji dolar di Indonesia, namun Ia merasa bahwa kerja untuk korporasi tidaklah memuaskan. Veronica kemudian menemukan rumah di tempat kerjanya sekarang. Untuk isu Papua, Ia membantu menyuarakan suara orang-orang Papua yang jarang terdengar di level Jakarta/nasional. Veronica ikut membangun solidaritas untuk orang Papua lewat gerakan “Papua Itu Kita”. Untuk isu pengungsi dan pencari suaka, kebanyakan klien Veronica adalah orang Afghanistan dan Iran yang ada di Indonesia. Ia membantu mereka untuk mendapatkan status pengungsi sesuai dengan hukum pengungsi internasional di UNHCR (lembaga PBB yang menaungi pencari suaka dan pengungsi). Veronica juga membantu mereka apabila mereka mendapat kesulitan dengan hukum domestik. Untuk isu perempuan dan LGBT, Ia menangani kasus individu yang biasanya kasus kekerasan. Veronica juga menjalankan advokasi kebijakan publik untuk meningkatkan perlindungan terhadap perempuan dan kelompok LGBT.

Secara garis besar, Veronica aktif dan memiliki keahlian dalam isu Papua, pencari suaka dan pengungsi internasional, serta kesetaraan gender. Ia mengerjakan baik penanganan kasus maupun advokasi untuk isu-isu tersebut

Untuk mengetahui kontak Veronica Koman, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: Contact Us

Leave a Comment