People

Sri Sulistiyani

sri-sulistiyani

Sri Sulistiyani atau Sulis dilahirkan di Banyuwangi, 28 Maret 1966. Sulis menamatkan S1 juruan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Negeri Jember.

Saat ini Sulis adalah Ketua Gerakan Peduli Perempuan (GPP) Jember.  Sejak tahun 2000 Sulis bekerja  bersama teman-teman perempuan di Jember untuk melakukan advokasi bagi perempuan-perempuan penyintas kekerasan  dalam rumah tangga dan kekerasan seksual/ perkosaan. Para penyintas diadvokasi kebanyakan adalah anak-anak perempuan.

Bentuk advokasi yang dilakukan oleh Sulis dan teman-teman perempuan di Jember mulai dari memberikan edukasi untuk pencegahan kekerasan terhadap perempuan, konsultasi kasus, menyediakan rumah aman/ shelter, akses layanan persalinan jika terjadi kehamilan, mencarikan orang tua adopsi jika bayinya diadopsikan, mengupayakan kembali ke sekolah, serta advokasi hukum dengan dibantu oleh teman-teman pengacara prodeo. Dan semua itu diberikan secara gratis.

Sulis kemudian mendirikan grup  “Perempuan Jember” untuk mengajak dan mewadahi para perempuan di Jember yang bersedia menjadi relawan maupun support system untuk kerja  advokasi untuk perempuan. Grup  “Perempuan Jember” adalah grup untuk berbagi informasi, pendidikan, penanganan kasus-kasus yang dialami perempuan. Saat ini anggota grup sudah mencapai 130 perempuan dan terus akan bertambah.  

Disamping itu Sulis juga mendirikan pasar online “PasarKita” untuk pemasaran produk-produk yang dibuat oleh perempuan. Moto kami adalah satu perempuan satu produk.  Ini sebagai upaya untuk penguatan ekonomi perempuan. Karena dengan kemandirian ekonomi bisa menambah kepercayaan diri perempuan dalam pengambilan keputusan, sehingga bisa mengeliminasi kekerasan dalam rumah tangga..

Sulis juga melakukan Motedu (motivasi edukatif) untuk stop kekerasan seksual terhadap anak untuk anak-anak SD, SMP, SMA dan untuk pendamping.

Untuk mengetahui kontak Sri Sulistiyani, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: Contact Us

Leave a Comment