People

Salma Safitri Rahayaan

Salma Safitri

Salma Safitri Rahayaan atau biasa dipanggil Fifi dilahirkan di Jayapura, 9 Desember 1971. Ia meraih gelar S2 Program Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang pada tahun 2015.

Saat ini Fifi menjabat sebagai Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas) Kota Batu untuk periode 2017.

Fifi dikenal sebagai seorang aktifis perempuan yang saat ini aktif dalam bidang pemberdayaan perempuan pedesaan. Pada tahun 2013, Fifi mendirikan Sekolah Perempuan Desa yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran politik perempuan di pedesan di Kota Batu.

Ia juga menguasai dengan baik perencanaan pembangunan desa, serta membantu menfasilitasi perempuan desa terlibat aktif dalam perumusan hingga mendapat manfaat dari pembangunan.

Fifi juga seorang pengacara untuk isu perempuan dan anak dan juga melakukan advokasi hak asasi manusia khususnya hak-hak perempuan, hak-hak buruh migran, serta perdagangan perempuan dan anak.

Pengalamannya dalam mengikuti berbagai pelatihan ditingkat internasional seperti “Feminist Legal Theory and Practices (FLTP) Training for Trainer (ToT) Organized by Asia pacific Forum on Women, Law and Development (APWLD), Chiang Mai, Thailand (2013)”, “International Visitor Training program on Migration and Trafficking  Invited by US Department of State USA (2008)”, meningkatkan kemampuan Fifi untuk menjadi fasilitator dalam pelatihan-pelatihan kepemimpinan perempuan.

Sebagai seorang peneliti, Ia terlibat dalam beberapa penelitian seperti:

  • Research Management Team, on behalf of SP Women Empowerment in Moslem Context (WEMC) – Research Consortium, involved Indonesia, China, Iran, UK, Pakistan, Hong Kong-Indonesia.
  • Research on State of Health of Migrant   (SoH) Collaboration Research Among Members of CARAM Asia, published on June 2006, Malaysia.

Menulis buku juga menjadi bagian dari aktivitasnya, buku-buku yang sudah dipublikasikan beberapa diantaranya:

  • Tim penulis dalam “Modul Pengayaan HAM pelajaran PPKn siswa SMP dan sederajat (2015)”.
  • Penulis dan editor “Menguak Pelanggaran Hak Asasi Buruh Migran Indonesia (2010)”.
  • Kontributor “Election Education Module for the Specific Voters (women, young people, etc)”.

Untuk mengetahui kontak Salma Safitri, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: Contact Us

Leave a Comment