People

Risnawati Utami

Risnawati

Risnawati Utami atau akrab dipanggil Risna dilahirkan di Gunungkidul, 21 Maret 1973. Risna mendapatkan gelar Master of Science on International Health Policy and Management di Heller School for Social Policy, Brandeis University, Massachusetts, USA pada tahun 2008.

Risna adalah Direktur Perhimpunan OHANA. Yaitu sebuah organisasi yang focus dalam kebijakan dan pembangunan yang terkait dengan hak-hak difabel/penyandang disabilitas khususnya implementasi dan advokasi Konvensi tentang Hak Difabel/CRPD, Sustainable Development Goals dan Agenda Pembangunan Kota di tingkat lokal Indonesia. Selain itu, Risna juga banyak terlibat dalam advokasi di tingkat international yakni PBB utk monitoring CRPD dan jaringan global Disability Inclusive and Accessible Development utk advokasi New Urban Development Agenda.

Bidang yang dikuasai dengan baik oleh Risna adalah disability rights, policy advocacy dan development, terutama yang berhubungan erat dengan kerangka pembangunan global yakni SDGs dan New Urban Development Agenda, kerangka hukum international yakni Konvensi tentang Hak Difabel /CRPD.

Selain itu Risna juga aktif dalam pergerakan disabilitas international di PBB sejak tahun 2013 sampai dengan sekarang untuk mendukung pemenuhan hak difabel di segala bidang pembangunan. Strategi ini sangat diperlukan mengingat hak difabel masih jauh terpinggirkan di negara-negara berkembang.

Untuk mengetahui kontak Risnawati, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: Contact Us

Leave a Comment