People

Rika “Neqy” Rosvianti

Rika “Neqy” Rosvianti

Rika Rosvianti atau biasa dipanggil Rika atau Neqy adalah seorang Sarjana Ilmu Komunikasi yang lulus dari Universitas Indonesia dengan penjurusan Kajian Media pada tahun 2009. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya hingga mendapatkan gelar Cum Laude Master Kajian Gender, Universitas Indonesia pada tahun 2011.

Saat ini Rika bekerja di Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia (Puskakom UI) sebagai project manager sebuah riset tentang penelitian di delapan universitas negeri di Indonesia dengan masa riset selama satu tahun. Riset tersebut dimulai pada akhir tahun 2014 dan akan segera berakhir pada bulan April mendatang. Ia bertugas untuk membuka jalan ke delapan universitas untuk dimasuki oleh para anggota tim riset, menggalang dan berkoordinasi dengan pengolah data, membantu proses data clearing dan berkoordinasi dengan tim diseminasi online-offline dalam menyebarluaskan hasil riset. Sebelumnya, di tempat yang sama ia bekerja sebagai operations manager yang bekerja membangun sistem dan mekanisme serta SOP yang kemudian menjadi panduan kerja di kantor tempat ia bekerja itu.

Sebelumnya Rika bekerja di Yayasan PULIH sebagai project and campaign manager dalam sebuah kolaborasi kegiatan bersama UN WOMEN bernama UNiTE campaign. Ia bertugas mengkoordinasikan kegiatan roadshow ke 5 SMA dan 5 universitas di Jabodetabek, serta melangsungkan kampanye online melalui media sosial selama berjalannya kampanye. Tidak hanya itu, ia juga bertugas membuat pre-post test sebagai tolak ukur dampak kampanye di setiap sekolah, kemudian mengolahnya menjadi data hasil kegiatan untuk kemudian dilaporkan kepada para stakeholders. Selain mengelola kampanye tersebut, Rika juga pernah mengelola Kampanye 16 Hari anti Kekerasan terhadap Perempuan yang diselenggarakan oleh Yayasan PULIH, sebagai campaign manager.

Rika aktif dalam komunitas bernama perEMPUan yang fokus pada pemberian informasi dan upaya pencegahan serta penanganan kekerasan seksual di tempat dan kendaraan umum, sejalan dengan ketertarikannya pada isu seksualitas. Secara khusus ia peduli dan banyak bekerja pada isu mengenai kekerasan, khususnya kekerasan seksual. Pada tahun 2011 lalu, Rika dan teman-temannya di komunitas perEMPUan membuat buklet gratis (yang juga hadir dalam bentuk ebook) mengenai panduan pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di tempat dan kendaraan umum. Buku tersebut bisa diakses di: https://db.tt/U5zwrDs5

Untuk mengetahui kontak Rika “Neqy” Rosvianti , silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: Contact Us

Leave a Comment