People

Rahmawati Husein

Rahmawati Husein

Rahmawati Husein atau lebih dikenal dengan panggilan Ama dilahirkan di Yogyakarta, 27 Agustus tahun 1965. Ama menyelesaikan S1 jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Gadjah Mada, lalu Ia meraih gelar Master of Community Planning (MCP), The School of Planning,  DAAP, University of Cincinnati, Ohio, US, pada tahun 2000. Ama mendapatkan gelar Doctor of Philosophy (Ph.D), Urban and Regional Science,  College of Architecture, Texas  A&M University, Texas, US.

Ama adalah seorang dosen yang mengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadyah Yogyakarta, terhitung sejak tahun 1997 hingga saat ini.

Ia menguasai dengan baik isu Kebencanaan yang terkait dengan mitigasi, kesiapsiagaan, respon dan penyembuhan. Selain itu Ama juga mendalami dan menguasai Kebijakan Pemerintahan Lokal, kajian gender khususnya untuk bencana dan politik, serta metode penelitian dan perencanaan pembangunan.

Ama merupakan salah satu Anggota Dewan Penasehat Badan Nasional Penaggulangan Bencana untuk periode 2016-2021. Selain itu Ia juga adalah Wakil Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center mulai dari 2010 hingga saat ini.

Ama pernah menjadi Komisoner Komnas Perempuan untuk periode 2003-2006, dan Gender Advisor di The Asia Foundation.

Beberapa penghargaan yang pernah diraih oleh Ama adalah sebagai berikut:

  1. Inspirational resilient and humanitarian Award, from the Indonesian National Disaster Management Agency (BNPB Tangguh Award), October 2015.
  2. Graduate Research Assistantship, Hazard Reduction and Recovery Center, Texas A&M University, September 2010-December 2011.
  3. Landscape Architecture and Urban Planning, Department Head Prize, Texas A&M, 2011.

Untuk mengetahui kontak Rahmawati Husein, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: Contact Us

Leave a Comment