People

Rahimah Abdulrahim

Ima Abdulrahim

Rahimah Abdulrahim atau biasa dipanggil Ima dilahirkan di Bandung, 31 Juli 1974. Ima merupakan kandidat Doktoral University of East Anglia, Norwich, UK dalam Studi Internasional, Sosial dan Politik. Ia meraih gelar M.A di School of Oriental and African Studies, London, UK dalam Diplomasi dan Studi Internasional. Pada tahun 1996 meraih gelar B.HSc (Hons) / setingkat sarjana – International Islamic University, Kuala Lumpur, Malaysia dalam ilmu politik jurusan hubungan internasional konsentrasi sejarah dan pengetahuan Islam.

Sejak tahun 2010 hingga sekarang Ima menjabat sebagai Direktur Eksekutif The Habibie Center, yang bertanggung jawab terhadap seluruh aktivitas sehari-hari di The Habibie Center termasuk mengawasi program dan penelitian agar sejalan dengan misi The Habibie Center untuk membangun masyarakat demokratis baik secara struktur maupun budaya sekaligus mempromosikan hak asasi manusia.

Di samping itu ia juga termasuk dalam board of advisors USINDO (US – Indonesia Society), sebuah gerakan nonprofit yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, apresiasi, dan kesadaran mengenai Indonesia di Amerika Serikat dalam bidang ekonomi, politik, sejarah, dan budaya serta untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Pada tahun 2011 hingga saat ini  menjadi Co-Founder , Core Team Member – Drive Books, Not Cars – Sebuah gerakan yang menyediakan buku bagi anak-anak kurang mampu dan juga Board of Advisors – Lentera Indonesia sebuah gerakan non-profit yang bergerak dalam upaya pemberdayaan perempuan, advokasi dan menyediakan dukungan bagi korban kekerasan gender

Ima aktif dalam advokasi perdamaian dan penguatan demokrasi di Indonesia serta upaya peningkatan hubungan dan kerjasama antara Indonesia dan negara lainnya melalui 1.5 atau 2nd track diplomacy. Ia pun diundang secara reguler pada berbagai forum nasional dan internasional terkait Indonesia dan ASEAN khususnya dalam peranan masyarakat sipil dalam demokrasi, kepemerintahan global, dan demokrasi di kawasan Asia Tenggara.

Selain itu, Ima juga aktif dalam advokasi untuk hak perempuan, untuk penghapusan kekerasan seksual (bagian dari kampanye #mulaibicara – untuk mendukung hak korban dan penyintas kekerasan seksual) dan untuk penghapusan segala bentuk diskriminasi (terhadap agama, orientasi seksual, minoritas).

Ima juga aktif dalam kampanye memajukan konsep “Muslim Democrats” yang dilakukannya bersama rekan-rekan dari Malaysia, Turki, Jepang, Belgia, dan berbagi negara dalam World Forum for Muslim Democrats.

Untuk mengetahui kontak Rahimah Adbulrahim, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: Contact Us

Leave a Comment