People

Puri Kencana Putri

Puri Kencana Putri

Puri Kencana Putri atau biasa dipanggil Puri lahir di Jakarta, 3 Januari 1984. Ia menghabiskan masa kuliah strata satu pada Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada antara periode 2002-2008. Di tahun 2013, ia berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan master di Department of Global Politics & Political Science Ateneo de Manila University (Filipina) dan di tahun 2014 ia melanjutkan studi master di Department of International Law & Human Rights University for Peace (Costa Rica).

Sejak Juli 2008, Puri bergabung dengan Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), sebuah lembaga non pemerintah yang bergerak pada isu pemajuan hak-hak asasi manusia di Indonesia, sebagai periset HAM. Selama kurang lebih selama 7 tahun ia mendalami beragam isu yang menjadi fokus kajian dan advokasi KontraS seperti keadilan transisi, perlindungan pembela HAM, kebebasan beragama dan berkeyakinan, hukuman mati, kajian reformasi sektor keamanan (termasuk di dalamnya mengukur kinerja aparat polisi, militer, intelijen dan beberapa penyelenggaraan operasi keamanan dan tangkal terorisme di Indonesia), pemantauan di wilayah-wilayah (pasca) konflik seperti di Aceh, Poso, Ambon dan Papua.

Saat ini Puri berkesempatan untuk membantu pengelolaan organisasi dengan menjadi Wakil Koordinator KontraS Bidang Strategi dan Mobilisasi; memperkuat jaringan dan strategi-strategi organisasi khususnya dalam berkampanye, berjejaring, mengelola dinamisasi isu dan lain sebagainya. Ia juga masih melakukan kajian dan riset bersama dengan Biro Riset KontraS untuk melanjutkan program riset seperti riset peraturan daerah diskriminatif yang dikaitkan dengan tren pengusiran, kajian pembakaran hutan dan lahan dengan kerugian konstitusional warga, hak-hak buruh dan pekerja dalam standar hukum internasional, pengakuan hak atas tanah di Indonesia dan lain sebagainya. Ia juga terlibat dalam perumusan dan pengelolaan program Sekolah HAM untuk Mahasiswa (SeHAMA) yang telah menjadi salah satu program unggulan dalam memperkenalkan konsep HAM kepada mahasiswa di Indonesia. Program ini sudah berjalan selama 7 tahun terakhir diharapkan bisa memperkuat jaringan mahasiswa dalam memperluas aktualisasi HAM di Indonesia. Puri memiliki spesialisasi dalam melakukan kajian riset di bidang hukum HAM internasional yang dikontekstualisasikan dengan situasi Indonesia, komitmen pemerintah untuk memajukan, menghormati dan melindungi HAM.

Untuk mengetahui kontak Puri Kencana Putri, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: Contact Us

Leave a Comment