People

Olin Monteiro

fotoOlin2014 (1)

Caroline Jasintha Monteiro atau akrab disapa Olin Monteiro, dilahirkan di Jakarta pada tanggal 22 Mei. Ia menyelesaikan pendidikan S1 jurusan Hubungan Masyarakat di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta.

Olin adalah pendiri dan Koordinator Nasional dari Perkumpulan Arts for Women, juga jaringan relawan Peace Women Across the Globe Indonesia sejak 2004 yang berfokus pada riset, dokumentasi dan pengetahuan perempuan terutama lewat buku dan film dokumenter. Olin adalah salah satu anggota pendiri Koalisi Perempuan Indonesia 1998, ia juga pernah bekerja di Yayasan Jurnal Perempuan 2008 – 2011.

Sekarang menjadi produser penerbitan buku perempuan dan film dokumenter. Film dokumenter independen memakai dana pribadi dan donasi sejak 2006, sekarang sudah 5 film dokumenter perempuan yang sudah dibuat dan sudah menerbitkan 10 buku.

Aktif dalam mengkampanyekan anti kekerasan seksual sejak 1998, mendampingi korban perkosaan dan kampanye untuk stop perkosaan. Olin telah menghasilkan film tentang 2 penyitas kekerasan seksual di Flores dan sedang mengerjakan produksi film penyitas perempuan 1965. Ia juga telah membuat film dokumenter tentang perempuan pemimpin dengan judul “Mollo” (2007) dan film dokumenter “Payung Hitam”, dan sedang dalam proses menyelesaikan film dokumenter tentang caleg perempuan Aceh dan tokoh Gerwani di Padang.

Untuk mengetahui kontak Olin Monteiro, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: Contact Us

Leave a Comment