People

Maryati Abdullah

Maryati Abdullah

Maryati Abdullah atau biasa dipanggil Mary merupakan lulusan Magister Ilmu Ekonomi Perencanaan dan Kebijakan Publik, Universitas Indonesia. Beberapa kesibukan Mary saat ini yaitu:

  1. Executive Director, Publish What You Pay Indonesia, yaitu sebuah koalisi nasional beberapa organisasi Non-Government Organization (NGO) yang concern mendorong transparansi, akuntabilitas dan perbaikan tata kelola industri ekstraktif di sector migas, pertambangan dan sumberdaya alam lainnya. Program-program utama koalisi ini meliputi isu-isu di bidang transparansi pajak dan penerimaan negara, standard kepatuhan lingkungan dan sosial dari kegiatan industri ekstraktif, perbaikan regulasi perundangan-undangan di tingkat nasional dan lokal, efektivitas penanggulangan kemiskinan dan akses layanan publik di daerah-daerah kaya sumber daya alam, pemenuhan akses energi dan lingkungan hidup, mendorong keterbukaan informasi, anti-korupsi dan keterbukaan pemerintahan.
  2. Steering Committee, Responsibank, yaitu sebuah forum koalisi NGO-NGO yang mendorong kepatuhan sektor perbankan dan lembaga keuangan pada standard sosial dan lingkungan hidup.
  3. Champion EITI (Extractive Industries Transparency Initiative) yang dipimpin oleh kementerian Koordinator Bidang PerekonomianI (Kemenko). Mary pernah terpilih menjadi wakil masyarakat di Kelompok Multi-Pihak tingkat Negara pelaksana di Indonesia.
  4. Champion OGP (Open Government Partnership) yang dipimpin oleh Kantor Staff Kepresidenan RI (KSP), ia pernah menjadi anggota Dewan Pengarah (Steering Committee) OGP di Tingkat Global.
  5. Anggota Tim Adhoc, Koordinasi dan Supervisi di Bidang Sumberdaya Energi dan Mineral, KPK-Kementerian ESDM-Kemenko Perekonomian.
  6. Terlibat aktif dalam mendorong kampanye open data dan keterbukaan informasi, diantaranya melalui forum FOI-Network.
  7. Terlibat aktif dalam mendorong kampanye pajak berkeadilan, diantaranya melalui jaringan Tax Justice Network.

Beberapa keahlian Maryati Abdullah dapat dilihat dalam daftar berikut:

  1. Tata Kelola Sumberdaya Energi dan Industri Ekstraktif. Mary aktif mendorong reformasi tata kelola sektor energi dan industri ekstraktif, khususnya sumber daya energi dan mineral migas, pertambangan dan sumberdaya alam lainnya. Ia aktif dalam kampanye pelaksanaan standar #EITI dan menjadi bagian dari kampanye global #PublishWhatYouPay
  2. Transparansi, Akuntabilitas dan Anti-Korupsi. Mary juga aktif mendorong kampanye untuk transparansi, akuntabilitas dan gerakan anti-korupsi, khususnya pada sektor-sektor ekonomi strategis seperti sektor energi, sumber daya alam, pajak dan keuangan negara, serta aspek pembangunan pemerintahan di tingkat nasional maupun global.
  3. Hak atas informasi dan keterbukaan pemerintahan. Mary aktif dalam jaringan FOI-Network dan mendorong pelaksanaan standar #OGP . Melalui beberapa program, ia juga aktif mendorong piloting keterbukaan pemerintahan di beberapa daerah.
  4. Akuntabilitas Sosial dan Partisipasi Publik. Aktif mendorong partisipasi warga negara dalam peningkatan layanan publik melalui keterlibatan aktif dalam perumusan kebijakan dan monitoring pelaksanaan program pembangunan. Mendorong pengembangan mekanisme penanganan keluhan (grievance handling mechanism).
  5. Open Data dan Teknologi Inklusif dalam Kebijakan Publik. Aktif mendorong pengembangan open data pemanfaatan teknologi inklusif dalam kebijakan publik. Ia juga memelopori lahirnya aplikasi berbasis mobile-phone “Open Mining” untuk mendorong akses informasi dan penyampaian keluhan di sektor pertambangan dan kebijakan publik. Aktif mendorong penggunaan teknologi ‘drone’ dalam pemetaan partisipatif, dan mendorong mekanisme sharing pembelajaran melalui “School of Drone” bersama jaringan organanisasi di daerah kaya SDA.
  6. Ekonomi Perencanaan kebijakan publik dan globalisasi. Mary memiliki latar belakang studi di bidang ekonomi perencaan kebijakan publik dan ekonomi globalisasi, khususnya terkait isu-isu di tingkat regional dan global seperti masyarakat ekonomi ASEAN (MEA), tata kelola pemerintahan dan isu-isu pembangunan global seperti SDGs, Perubahan Iklim, dan sebagainya.
  7. Pengembangan kapasitas organisasi, manajemen project dan Fundraising bagi NGO dan organisasi sosial kemasyarakatan (socialpreneurship). Mary memiliki pengalaman dalam pengembangan tata kelola koalisi, manajemen organisasi dan manajemen project serta Fundraising bagi gerakan sosial kemasyarakatan.
  8. Branding & Marketing bagi NGO dan Organisasi Sosial Kemasyarakatan. Mary pernah bekerja di bidang marketing brand, dan telah menerapkan strategi branding and marketing dalam pengembangan organisasi dan kerja-kerja kampanye dan komunikasi publik di NGO dan sektor sosial kemasyarakatan lainnya.

Untuk mengetahui kontak Maryati Abdullah, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: Contact Us

Leave a Comment