People

Margareta Artanti

Reta Dungga

Margareta Artanti atau yang biasa dipanggil Retha Dungga lahir di Jakarta pada tanggal 6 Maret. Ia berhasil meraih gelar Master of Applied Anthropology and Participatory Development (MAAPD) di Australian National University pada tahun 2015. Sebelumnya ia meraih gelar Graduate in Public Administration di The Australian National University pada tahun 2014 dan meraih gelar Sarjana Sosial bidang Antropologi Budaya di Universitas Udayana pada tahun 2007.

Retha saat ini aktif dalam beberapa organisasi, di antaranya adalah:

Koalisi Seni Indonesia (KSI – www.koalisiseni.or.id), yaitu perkumpulan individu dan kelompok yang bergerak di bidang kesenian yang memiliki tujuan menciptakan iklim yang lebih kondusif bagi kegiatan kesenian. KSI bergerak dalam advokasi kebijakan pengembangan kebudayaan. Project yang Retha tangani saat ini hingga akhir Mei 2016 adalah mengevaluasi efektivitas program pemberian bantuan pemerintah yang dilakukan oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud. Empat program yang dievaluasi yaitu fasilitasi komunitas budaya, fasilitasi Rumah Budaya Nusantara, fasilitasi desa adat, serta fasilitasi sarana kesenian. Tim evaluasi yang terdiri dari evaluator eksternal dan internal mendatangi 6 wilayah perwakilan Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Maluku untuk menilai langsung dampak program yang telah berjalan sejak 2012. Evaluasi ini merupakan inisiatif Dirjen Kebudayaan untuk meningkatkan pelayanan bagi para penerima manfaat di bidang kebudayaan.

TurunTangan (blog.turuntangan.org), yaitu organisasi berbasis relawan yang ingin mendorong lebih banyak lagi dukungan bagi orang-orang berintegritas tinggi untuk menciptakan perubahan nyata dalam masyarakat. Saat ini sebagai konsultan, Retha bertugas membantu program-program agar lebih tepat sasaran menggunakan pisau analisis lebih tajam dan dikelola dengan baik. Beberapa program yang sedang dikembangkan antara lain: kelas negarawan muda dan bangun jakarta.

Indorelawan (indorelawan.org). Organisasi ini didirikan tahun 2013 oleh Retha dan beberapa kawan yang bergerak di bidang swasta. Diawali dengan kegelisahan tentang tidak adanya sumber informasi memadai bagi siapa pun yang ingin menjadi relawan untuk kegiatan-kegiatan sosial dan sulitnya organisasi non-profit mendapatkan relawan karena keterbatasan sumber daya. Indorelawan.org menawarkan tempat agar organisasi dan relawan dapat saling terhubung tanpa dikenakan biaya. Saat ini lebih dari 14 ribu relawan dan 180 organisasi terdaftar, terdapat lebih dari 460 aktivitas yang ditawarkan, dan 3400 relawan yang tersalurkan ke dalam aktivitas-aktivitas tersebut. Antusiasme organisasi dan relawan dari berbagai kota selain Jakarta mendorong Indorelawan mempersiapkan cakupan layanan lebih luas lagi.

Pada tahun 2010-2013, Retha aktif di dalam organisasi anak muda berbasis fasilitasi kreatif anti korupsi bernama clubSPEAK. Ia mengembangkan metode fasilitasi tersebut yang digunakan dalam roadshow anti korupsi di 9 kota bersama Transparency International Indonesia, Indonesian Corruption Watch, dan Komisi Pemberantasan Korupsi. Organisasi clubSPEAK membantu organisasi anti korupsi yang telah ada merangkul pendekatan lebih kreatif dan ramah dalam mengajak anak muda dan segmen masyarakat lebih luas untuk memahami anti korupsi, transparansi, integritas, dan hak asasi manusia.

Untuk mengetahui kontak Margareta Artanti, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: Contact Us

Leave a Comment