Green

Lina Meutia Moeis

Lina Meutia Moeis

Lina Meutia Moeis lahir di Bandung pada 19 Desember 1960. Ia menamatkan jenjang S1 di Universitas Padjadjaran Bandung, dengan gelar Sarjana Pertanian di tahun 1985, dan menyelesaikan post graduate fellowship program in Agriculture Management and Teacher Training di Riverina Murray Institute of Higher Education, Wagga-Wagga Australia di tahun 1987. Saat ini ia bekerja sebagai direktur eksekutif untuk Yayasan Rumah Energi, sebuah lembaga yang berkonsentrasi melanjutkan misi Hivos mengembangkan energi terbarukan di Indonesia, khususnya biogas.

Sektor biogas harus terbentuk, dengan asumsi 100 ribu bio-digester terbangun di Indonesia, dan paling sedikit enam puluh pebisnis biogas, yang menjalankan peran sebagai pembangun, supplier perlengkapan biogas, pengolah pupuk dari bio-slurry, pemberi kredit, periset dan pembangun inovasi, pengawas kualitas yang bisnisnya stabil dan berkelanjutan.

Misi biogas diproyeksikan akan berlanjut hingga 2020, dan untuk bisa mencapai apa yang menjadi ukuran keberhasilan di atas, Rumah Energi harus memperkuat visi misinya sehingga bisa membangun kultur dan fokus pada milestone, stabil dalam hal keuangan serta sumber daya manusianya, dan mempunyai hubungan yang baik dengan semua pemangku kepentingan termasuk donor.

Keahlian Lia yang utama adalah mengembangkan sebuah program, melakukan kajian kelayakan, menulis proposal, mengevaluasi, menghitung budget dan juga termasuk mengimplementasikan project. Dengan menjadi pemimpin dalam suatu organisasi, maka ia belajar sambil praktik terkait pengembangan organisasi, kepemimpinan dan pengembangan social business. Lina juga belajar merancang business model. Sejak terjun di dunia pemberdayaan masyarakat, Lina sudah menyelesaikan sekitar 10 proyek yang berkaitan dengan pemberdayaan petani dan perempuan, dan rehabilitasi penghidupan akibat bencana, akuisisi lahan dan kemiskinan.

Untuk mengetahui kontak Lina Meutia Moeis, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: Contact Us

Leave a Comment