Speak

Lia Toriana

Lia Toriana

Lia Toriana atau Lia lahir di Depok, 18 Januari 1986. Ia menyelesaikan pendidikan S1 Ilmu Politiknya di Universitas Indonesia pada tahun 2008. Saat ini, sebagai angkatan 2014, ia sedang menempuh pendidikan pascasarjana Ilmu Politik FISIP Universitas Indonesia.

Lia bekerja sebagai Manajer untuk Divisi Kepemudaan dan Kerelawanan (Youth and Volunteerism) di Transparency International Indonesia. Keterlibatan Lia dalam isu kepemudaan dimulai sejak 2011 saat bergabung dengan TI dan gerakan antikorupsi. Pada 2012, ia menginisiasi sebuah inisiatif gerakan antikorupsi dengan pelibatan generasi muda melalui literasi politik, demokrasi, HAM dan antikorupsi, Youth Proactive.

Youth Proactive merupakan komunitas berbasis kerelawanan muda usia 16 sampai 30 tahun. Sampai dengan 2016, Youth Proactive memiliki tiga angkatan relawan dan melibatkan kurang-lebih 50 orang muda di Jabodetabek yang aktif terlibat dalam gerakan antikorupsi, demokrasi dan hak asasi manusia. Youth Proactive sejauh ini sudah menjangkau 27 kota dan kabupaten dan 14 provinsi di Indonesia dalam kerja dan kampanye literasi antikorupsi.

Selain Youth Proactive, Divisi Kepemudaan dan Kerelawanan (Youth and Volunteerism) juga mengimplementasikan beberapa program utama, seperti:

  1. Pelibatan aktif generasi muda dalam pengawasan pelayanan publik (youth active engagement on monitoring public governance) –melalui program Youth Report Center yang berada di empat wilayah Indonesia: Kupang, Lombok, Garut dan Aceh.
  2. Riset (research) –melalui program Survei Integritas Anak Muda (Youth Integrity Survey) dan
  3. Pengorganisiran dan penguatan jejaring kelompok muda (community organizing and youth networks) baik di Jabodetabek dan daerah-daerah lainnya –melalui jejaring Mata Muda dan program Integrity Goes to You.

Berkaitan dengan latar belakang pendidikan dan pendidikan, Lia banyak terlibat dan diundang dalam forum literasi politik, gerakan sosial, generasi muda dan antikorupsi. Khususnya di sepanjang tahun 2015 lalu berkaitan dengan kampanye #SaveKPK Jilid III dan apa yang bisa dilakukan oleh generasi muda dalam konteks tersebut. Pihak pengundang sebagian besar adalah mahasiswa, organisasi kampus dan kepemudaan. Di ranah regional, Lia juga aktif sebagai board member sebuah perkumpulan generasi muda level ASEAN, ASEAN Youth Forum.

Untuk mengetahui kontak Lia Toriana, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: Contact Us

Leave a Comment