People

Ida Ruwaida Noor

Ida Ruwaida Noor (1)

Ida Ruwaida Noor atau Ida lahir di Malang, 6 Desember 1965. Sebanyak 3 jenjang pendidikan ia tempuh di institusi yang sama untuk meraih gelar S1, S2 dan S3, yaitu FISIP Universitas Indonesia. Sejak tahun 1988, Ida bekerja sebagai Asisten Dosen di Jurusan Sosiologi FISIP UI, baru pada tahun 1998 diangkat resmi sebagai Pengajar Tetap dengan status PNS. Selain mengajar, sejak tahun 1998 Ida juga aktif di Program Gender dan Seksualitas UI, yang kini dikenal sebagai Pusat Kajian (Puska) GenSeks. Ida mulai terlibat dengan isu gender sejak tahun 1994, yaitu ketika ia mewakili Unit Studi Gender dan Pembangunan FISIP UI ikut short-course Gender and Development di Leiden University, The Netherlands. Sejak saat itu, Ida terlibat di berbagai kegiatan pelatihan gender sebagai trainer/fasilitator maupun penelitian yang berfokus pada isu gender dan perempuan. Ida juga mengampu matakuliah “Gender dan Struktur Sosial” di Sosiologi FISIP UI.

Bersama Puska GenSeks, beberapa tahun terakhir Ida terlibat di berbagai kajian SRHR (sexual reproductive health and rights), sebagai bagian dari upaya advokasi pendidikan SRHR di sekolah. Selain itu, sebagai pengelola Pusat Kajian Sosiologi (LabSosio), Ida juga mendorong kluster riset “Gender and Family”, di antaranya dengan melakukan kajian Pemberdayaan UMKM, Program Keluarga Harapan, dan lain-lain. Tahun 2016 ini, Ida akan memulai mengembangkan program Kespro untuk remaja (perempuan khususnya) di wilayah Johar Baru, sebagai bagian dari kegiatan Pengabdian Masyarakat (Community Engagement) yang sudah berjalan selama 3 tahun terakhir.

Pada dasarnya latar belakang keahlian Ida adalah “Peneliti” dan “Trainer/Fasilitator” untuk isu Gender dan Perempuan, baik di isu Kesehatan maupun Ekonomi. Selain itu, ia juga merupakan fasilitator dalam kegiatan gender audit .

Untuk mengetahui kontak Ida Ruwaida Noor, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: Contact Us

Leave a Comment