People

Dewi Lestari

ProfilDee-2105-2b

Dewi Lestari atau lebih dikenal dengan nama Dee Lestari adalah seorang penulis, penyanyi dan penulis lagu yang lahir di Bandung, 20 Januari 1976. Dee meraih gelar Sarjana Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Katolik Parahyangan Bandung.

Dee merilis buku pertamanya Supernova: Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh pada tahun 2001. Hingga kini, Dee telah menerbitkan sepuluh buku, di antaranya Supernova: Akar, Supernova: Petir, Filosofi Kopi, Rectoverso, Perahu Kertas, Madre, Supernova: Partikel, dan Supernova: Gelombang. Bukunya yang kesepuluh, Supernova: Inteligensi Embun Pagi, terbit pada bulan Februari 2016.

Sebelum menjadi penulis, Dee mengawali kariernya didunia tarik suara pada tahun 1993, dan pada tahun 1995 bergabung dalam trio Rida, Sita, Dewi (RSD) menghasilkan 4 album hingga tahun 2003.

Aktivitas Dee sebagai penulis, membawanya untuk menerima beberapa penghargaan bidang sastra   antara lain 5 Besar Khatulistiwa Award (untuk Filosofi Kopi dan Supernova: Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh), Karya Sastra Terbaik 2006 versi Majalah Tempo (Filosofi Kopi), Penghargaan Badan Bahasa dan Departemen Pendidikan Indonesia (Madre), Anugerah Pembaca 2015 untuk Kategori Fiksi Favorit dan Penulis Favorit (Gelombang), dan Book of The Year 2016 dari Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) untuk Inteligensi Embun Pagi.

Beberapa karya Dee yang telah diadaptasi menjadi film diantaranya, Perahu Kertas (2012)- Bentang Pictures, Starvision, Dapur Film, Rectoverso (2013)– Keana Production, Madre (2013)-, Mizan Production,  Supernova: Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh (2014)- Soraya Intercine, Filosofi Kopi (2015)- Visinema.

Untuk mengetahui kontak Dee, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di Contact Us

Leave a Comment