Love People

Ayu Oktariani

Ayu OktarianiAyu Oktariani atau Ayu lahir di Jakarta, 13 Oktober 1986. Ayu merupakan lulusan SMA Negeri 2 Ciputat dan meneruskan kuliah sampai Semester 4 di Akademi Managemen Informasi dan Komputer (AMIK Wahana Mandiri) Jurusan Design Grafis. Saat ini Ayu bekerja sebagai pengelola kampanye HIV AIDS bernama @ODHABerhakSehat yang banyak memberikan informasi tentang pencegahan, penularan dan pengobatan serta dukungan bagi kelompok terdampak HIV dan masyarakat umum di di social media (Facebook, Twitter, Instagram dan rutin menulis untuk website odhaberhaksehat. Kampanye ini sudah berjalan sejak tahun 2010, dan memiliki pengaruh yang cukup penting bagi pergerakan advokasi HIV AIDS dan perjuangan menghilangkan stigma diskriminasi pada orang-orang yang mengidap HIV AIDS di Indonesia.

Selain itu, Ayu juga merupakan bagian dari Ikatan Perempuan Positif Indonesia. Sebuah Organisasi perempuan Positif Pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 2016. IPPI berjuang untuk hak-hak perempuan yang terinfeksi dan terdampak HIV. IPPI percaya Bahwa perempuan Indonesia sebagai warga negara mempunyai hak dan tanggungjawab yang sama dengan warga negara Indonesia yang lainnya. Pemerintah Indonesia mempunyai kewajiban untuk melindungi hak Perempuan sebagai bagian dari HAM dengan konstitusi negara.

Ayu aktif mengkampanyekan hak-hak orang yang hidup dengan HIV, dengan slogan ODHA Berhak Sehat. Karena Ayu hidup dengan HIV, dan tidak mau ada lagi orang-orang, khususnya perempuan dan anak yang terinfeksi HIV karena alasan kekurangan akses informasi. Bersama ODHA Berhak Sehat, Ayu giat mengkampanyekan kepada masyarakat tentang pentingnya informasi sebagai alat pencegahan. Bahwa siapapun mereka yang mau memahami dan mengerti tentang bahaya HIV, seyogyanya mampu melindungi diri mereka dari penularan, serta pentingnya dukungan bagi mereka yang sudah terinfeksi HIV agar kembali berdaya dan hidup selayaknya masyarakat Indonesia lainnya, tanpa takut hidup dalam stigma dan diskriminasi.

Bersama Ikatan perempuan Positif Indonesia (IPPI), Ayu dan teman-temannya giat mengkampanyekan hal yang sama mengenai perlindungan perempuan agar tidak terinfeksi HIV, agar mendapatkan pengobatan dan layanan kesehatan yang setara tanpa adanya pembedaan gender, serta bagaimana mengkampanyekan perlindungan perempuan HIV yang kerap mendapatkan kekerasan baik di lingkungan keluarga dan masyarakat karena status HIV yang disandangnya.

Untuk mengetahui kontak Ayu Oktariani, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: Contact Us

Leave a Comment