Power

Asia Andi Pananrangi, SP, SH, MH

Asia Andi Pananrangi (1)

Asia Andi Pananrangi atau Asia lahir di Pare-Pare, 7 April 1967. Ia menamatkan magister Ilmu Hukum Universitas “45” Makassar dengan gelar MH. Selama ini Asia bekerja bersama masyarakat khususnya perempuan marginal di kabupaten Bone. Pekerjaan Asia adalah melakukan pemberdayaan agar perempuan marginal kritis dan mampu melakukan perubahan pada diri dan dimana mereka tinggal (desa), baik terkait dengan kesehatan/kespro perempuan, gender budget, pendidikan pemilih dan lain-lain.

Berdasarkan pengalaman  tersebut, pemerintah Bone memberikan kepercayaan kepada Asia untuk bertanggung jawab mengelola Kabupaten Bone menjadi kabupaten sehat. Keputusan Bupati Bone tersebut diperkuat dengan SK  Bupati Bone No 488 tahun 2014 dengan Visi  mewujudkan Kabupaten Bone yang  “Sehat, Cerdas dan Sejahtera“. Tanggung jawab Asia pada program tersebut adalah selain mendesain program, juga terlibat aktif menjadi narasumber di 372 desa/kelurahan dengan 27 Kecamatan di Kabupaten Bone. Selain itu ia juga menggalang kerjasama dengan SKPD di Kabupaten Bone untuk  berpartisipasi dalam usaha menjadikan Bone sebagai Kabupaten Sehat, dengan mendorong anggaran SKPD dan anggaran tingkat desa (APBDes) untuk lebih berpihak pada masyrakat marginal. Program ini berupaya mengubah perilaku masyarakat agar berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Program ini telah mendorong lahirnya beberapa Peraturan Desa (PERDES) sesuai kebutuhan dan inisiatif setiap desa.

Sejalan dengan program Bone Sehat tersebut, sebelumnya Asia telah melakukan pendampingan masyarakat OYPMK (orang yang pernah mengalami kusta) sejak tahun 2002. Program tersebut juga didukung oleh HIVOS ‘Kabupaten Bone Sehat’ yang didalamnya termasuk penguatan terhadap OYPMK. Selain program penguatan tersebut, Asia juga melakukan kampanye dengan tema “STOP STIGMA Orang Yang Pernah Mengalami Kusta (OYPMK). Program ini telah memberikan perubahan berpikir, perilaku, sikap, dan bertindak  dari OYPMK untuk tidak lagi memarginalkan dirinya karena penyakit yang dialaminya.

Dengan kesungguhan hati, Asia melakukan semua pekerjaannya bersama masyarakat dan bagaimana menghubungkan situasi masyarakat marginal (khususnya perempuan) dengan pemerintah sehingga program, anggaran, dan kebijakan berpihak pada mereka. Pada tahun 2014 dan selanjutnya tahun 2015, MNC TV memberikan penghargaan pada Asia sebagai PAHLAWAN UNTUK INDONESIA dan She Can Tapperware. Sementara keberhasilan terhadap kerja keras untuk Bone menjadi Kabupaten Sehat (BONE SEHAT), akhirnya pada tahun 2016 Kabupaten Bone mendapatkan penghargaaan SASTISABA PADAPA dari Kementerian Kesehatan yang dilakukan oleh penanggung jawab sebelumnya yang sejak 2006 mendaftarkan diri untuk menjadi Kabupaten Sehat.  Asia dan organisasinya aktif  menjadi narasumber di berbagai sekolah (SD-SMP-SMA dan mahasiswa)  dan masyarakat agar hidup sehat mulai pada diri sendiri, keluarga dan lingkungan.

Untuk mengetahui kontak Asia, silakan hubungi admin Women Unlimited terlebih dahulu di: Contact Us

 

Leave a Comment